Home » Berita » Pelatihan » You are reading »

Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis ICT di SMP 3 Ponjong

Alhamdulillah hari ini 20 Oktober 2020 telah menjalankan amanah sebagai narasumber Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Online di SMP Negeri 3 Ponjong. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 20 -21 Oktober 2020, dengan Pemateri Kisworo, M.Pd Kabid PLP Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Bambang Pracaya, S.Pd, M.Pd Pengawas Pembina Dikpora Kabupaten Gunungkidul, Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd (Duta Rumah Belajar, Duta Sains, dan Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Gunungkidul), Serta Sulistyana, S.Pd, M.Pd (Ketua MGMP Matematika Kabupaten Gunungkidul).

Pelatihan dibuka oleh Bapak Kisworo, M.Pd selaku Kebid PLP Dikpora Kabupaten Gunungkidul, beliau menyampaikan tentang kebijakan dikpora kabupaten gunungkidul dalam menghadapi krisis pandemi covid-19, dan juga bagaimana teknis dan cara melaksanakan PJJ sesuai dengan karakter daerah dan wilayah masing-masing. Kemudian untuk materi yang saya berikan pada workshop kali ini seputar pengantar adalah sosialisasi berbagai sumber belajar yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah dalam hal ini sosialisasi Rumah belajar serta pemanfaatan berbagai program P4TKIPA bagi guru IPA, selanjutnya materi inti yang saya sampaikan adalah tips mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam bentuk webviewer.

Pelatihan ini saya bagi dalam 2 temin termin pertama setelah sosialisasi dan brainstroming tentang media pembelajaran saya menyampaikan tahapan bagiamana mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan Google Sites. Kenapa saya memilih menggunakan google sites sebagai aplikasi android? hal ini berdasarkan penelitian yang saya lakukan dengan mengamati berbagai produk aplikasi android saat ini yang dikembangkan melalaui website antara lain Rumah belajar, Ruang guru, gojek, grab, sophee, dll.

Dengan model website maka setiap saat bapak ibu guru bisa merubahan dan memperbaiki aplikasi yang dibuatnya dan tidak merubah aplikasi yang sudah diinstall oleh siswa di HPnya masing-masing. Adapun penekanan yang saya sampaikan dalam materi pengembangan media ini adalah pentingnya tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan dalam pembuatan media yaitu 1. adalah menentukan storyboad atau maping media, kemudian menyiapkan asset-asset dan pustaka yang dibutuhkan dalam membuat media, menentukan evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Adapuan bagian-bagian utama dari sebuah media yaitu Cover/ judul, menu utama, kompetensi, materi, evaluasi, pustaka, dan pengembang.

Setiap tahapan dalam pembuatan media ini saya sampaikan step by step Sampai bapak/ibu guru peserta kegaitan ini bisa mengerjakan semua tahapan pelatihan dengan baik. Setelah selesai pelatihan kepada semua guru tentang pembuatan aplikasi ini dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan Webviewer tanpa coding menggunakan aplikasi smartappscreator sampai tim IT paham cara membuat, publikasi, dan menginstal di HP masing-masing kemudian bisa menshare ke siswa.

Harapan dari kegaitan ini semoga bapak ibu guru peserta kegiatan dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran jarak-jauh yang mereka rancang sesuai dengan kebutuhan dan analisis sekolah sesuai dengan potensi dan wilayah masing-masing. (sigit)

You might also like to read:

Uncategorized

Coba

Berita

Inernational Joint Conference on STEM Education

apps

Eco Wisata Gunungkidul